Selasa, 14 Februari 2012

Pengertian Open Source,Close Source,Free Software.

 OPEN SOURCE
    Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
     Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
Contoh open software :
  • Linux
  • Mozilla
  • Firefox
  • Open office
 FREE SOFTWARE 
     Free Software diartikan sebagai sebuah kebebasan dalam menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber tanpa adanya batasan dari siapa pun juga.Free software disini juga bukan program kacangan. Anggapan bahwa barang yang gratis jelek kualitasnya tidak berlaku buat free software. Karena sudah terbukti kehandalannya. Dan karena free software berbasis open source maka software tersebut sudah melalui proses perbaikan yang terus menerus. Jadi tidak ada alasan tidak mau menggunakan free software ini dengan alasan kualitasnya yang tidak baik.


Beberapa contoh software dalam kelompok ini adalah :
1.
Operating System (Sistem Operasi)
: Linux atau GNU/Linux,FreeBSD, dan GNUBSD
2.
Languages (bahasa Pemrograman)
: GNU C/C++, Perl, Phyton, dan Tcl
3.
Windowing System (System Window)
: The X Window System dan Xfree86
4.
Web Browser
: Mozilla FireFox, Opera, dan Netscape Navigator
5.
Desktop
: GNOME, KDE, dan GNUStepXfee
6.
Aplication (Aplikasi)
: ABIWord dan GNU Image Manipulation Program (GIMP)
7.
Office Suites (Aplikasi Perkantoran)
: OpenOffice dan Koffice
8.
Server
: Samba, Apache, PhP, Zope, MySql.  


CLOSE SOFTWARE
  Close Software adalah software yang tertutup yaitu suatu sortware yang di perjual belikan software tersebut hanya dapat di gunakan saja tidak dapat di ganti-ganti atau di ubah.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus